When I was Your Man

Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Susunan lapisan matahari

Susunan lapisan matahari

Yap kali ini admin akan memberika sebuah ilmu tentang astronomis. Kita semua sudah tau kalau matahari adalah pusat tata surya kita tapi tidak banyak yang tau tentang susunan lapisan matahari. Yap kita langsung saja dari pertama :

1. Inti Matahari
Inti matahari adalag lapisan yang paling dalam. Garis tengah inti matahari sekitar 300.000km. Massa jenis inti matahari sekitar 150.000kg/m3. Didalam inti matahari terdapat terjadi reaksi fusi nuklir, yaitu pengubahan atom hidrogen menjadi atom helium sekitar 600juta ton/detik. Energi sebesar ini mengakibatkan suhu pada inti matahari mencapai 15juta K. Karena berada di bagian dalam, maka inti tidak dapat dilihat.

2. Fotosfer
Fotosfer/lapisan cahaya adalah lapisan matahari yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Gas dalam fotosfer memancarkan cahaya dengan sangat kuat, sehingga fotosfer tampak berwarna kuning dan menyilaukan. Tebalnya sekitar 400km. Suhu pada sisi luarnya sekitar 4500K dan sisi dalamnya sekitar 10.000K.

3. Kromosfer
Lapisan di luar fotosfer adalag atmosfer matahari. Atmosfer matahari terdiri dari 2 lapisan. Lapisan bawah disebut disebut kromosfer dan lapisan atas disebut korona. Dalam keadaan biasa kromosfer dapat dilihat dengan mata telanjang karena tertutup oleh silauan fotosfer. Namun, kromosfer dapat dilihat pada saat terjadi gerhana matahari total. Kromosfer tampak sebagai cincin tipis berwarna merah di sekeliling bulan pada saat bulan menutupi matahari total. Tebal lapisan ini diantara 2000km sampai 3000km. Suhunya di permukaan dalam 4500 K dan diluat 100.000 K.

4. Korona
Lapisan luar atmosfer matahari adalah korona. Suhu korona melebihi 1 juta K. Akibat suhu tinggi ini, koronamengembang cepat dalam ruang hampa, sehingga batas sisi luar korona tidak jelas. Sisi luar korona dapat mencapau jarak jutaan kilometer dari permukaan matahari. Saat gerhana matahari total, korona tampak sebagai lingkaran cahaya yang mengililingi bulab di luar kromosfer.

Nah itulah susunan lapisan matahari dari dalam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya.

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Susunan lapisan matahari
Ditulis Oleh Adjie Bagaskara
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar