When I was Your Man

Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Pengertian salat sunnah munfarid

Pengertian salat sunnah munfarid


Admin kali ini akan membahas tentang pengetahuan salat. masa blog nya isinya game semua nggak ada pengetahuan agamanya. yah pikir-pikir buat nambah ilmu keagamaan dan nambah pahala. Jadi kebanyakan basa-basi busuk deh langsung aja yaa.


Salat sunah munfarid adalah salat sunah yang dikerjakan secara sendirian dan tidak dianjurkan untuk berjamaah dan boleh di lakukan di masjid, mussala, dan di rumah. salat sunah munfarid lebih baik dilakukan secara sendirian. salat munfarid yang di laksanakan secara sendirian antara lain:
1. salat sunah rawatib
2. salat sunah sukril wudu
3. salat sunah tahiyatul masjid
4. salat sunah tahajud
5. salat sunah duha
6. salat sunah hajat
7. salat sunah mutlak
8. salat sunah istikharah
9. salat sunah witir.

A. salat sunah rawatib adalah salat yang di lakukan sesudah atau sebelum salat fardu. salat sebelum sunah sebelum salat fardu - qabliyah , dan kalau sesudah - ba'diyah . hukumnya ada yang muakad dan gairu muakad.

salat rawatib muakad :
1) 2 rakaat sebelum zuhur
2) 2 rakaat sesudah zuhur
3) 2 rakaat sesudah magrib
4) 2 rakaat sesudah isya
5) 2 rakaat sebelum subuh.
salat rawatib gairu muakad:
a) 2 rakaat sesudah zuhur
b) 2 rakaat sesudah zuhur
c) 2 rakaat sebelum ashar
d) 2 rakaat sebelum isya

contoh niat salat sunah rawatib:
1.
(arab 1 baris )
*artinya - "saya niat salat sunah sebelum zuhur 2 rakaat karena allah taala."
2.
(arab 1 baris)
*artinya - saya niat salat sunah sesudah zuhur 2 rakaat karena allah taala."

B. salat sunah wudu
salat sunah wudu adalah salat yang dilakukan setelah wudu, baik siang maupun malam,2 rakaat dan munfarid(sendirian). hukumnya gairu muakad.
niat salat wudu:
(arab 1 baris)
*artinya- 'saya niat salat wudu 2 rakaat karena allah taala."

C. salat tahiyatul masjid

salat tahiyatul masjid adalah salat sunah yang di kerjakan ketika masuk masjid sebagai penghormatan. sebanyak 2 rakaat dikerjakan secara munfarid.
niat salat tahiyatul masjid :
(arab 1 baris)
*artinya- "saya niat salat tahiyatul masjid 2 rakaat karena allah taala."

D. salat sunah tahajud

Shalat Tahajjud adalah shalat sunah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur terlebih dahulu. karena arti Tahajjud adalah bangun pada malam hari.Afdhalnya shalat Tahajjud dilakukan pada sepertiga malam yang akhir yaitu kira-kita mulai jam 1.00 malam sampai menjelang masuk waktu shubuh Shalat Tahajjud dilaksanakan dengan Munfarid ( tanpa berjamaah ), minimal dua rokaat dan maksimal tidak terhingga jumlah rakaatnya sampai hampir masuk waktu shubuh dan dilaksanakan setiap dua rakaat satu salam.

niat salat sunah tahajud:
(arab 1 baris)
*artinya- saya niat salat sunah tahajud 2 rakaat karena allah taala

E. salat sunah duha

Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zhuhur. Afdhalnya dilakukan pada pagi hari disaat matahari sedang naik ( kira-kira jam 9.00 ). Shalat Dhuha lebih dikenal dengan shalat sunah untuk memohon rizki dari Allah, min- 2 rakaat max- 12 rakaat. disunahkan 2 rakaat salam.

niat salat sunah duha;
(arab 1 baris)
*artinya - saya niat salat sunah duha 2 rakaat karena allah taala.

F. salat sunah hajat

Shalat Hajat adalah shalat sunah yang dilakukan karena ada suatu hajat / keperluan, baik keperluan duniawi atau keperluan ukhrawi. Agar hajat dikabulkan Allah, banyak cara yang dilakukan diantaranya adalah berdoa dan shalat.Shalat Hajat merupakan cara yang lebih spesifik untuk memohon kepada Allah agar dikabulkan segala hajat, karena arti shalat secara bahasa adalah doa.Firman Allah:"Dan mintalah pertolonganlah Shalat hajat tidak mempunyai waktu tertentu, asal pada waktu yang tidak dilarang, misalnya setelah shalat Ashar atau setelah shalat Shubuh.Shalat hajat dilaksanakan dengan Munfarid (tidak berjamaah) minimal dua rokaat dan maksimal duabelas rakaat.Jika dilaksanakan pada malam hari maka setiap dua rakaat sekali salam dan jika dilaksanakan pada siang hari maka boleh empat rakaat dengan sekali salam dan seterusnya.

niat salat sunah hajat:
(arab 1 baris)
*artinya - saya niat salat sunah hajat 2 rakaat karena allah taala.

G. salat sunah mutlak.

ialah sunah yang boleh dikerjakan pada waktu kapan saja, kecuali waktu yang terlarang untuk mengerjakan shalat sunah. Jumlah rakaatnya tidak terbatas.

niat salat sunah mutlak:
(arab 1 baris)
*artinya - saya niat salat sunah mutlak 2 rakaat karena allah taala

H. salat sunah istikharah

salat sunah istikharoh adalah Sholat istikharah aalah sholat sunnat yang dilakukan untuk memohon pertologan Allah dalam menentukan suatu keputusan. cnth: ingin menikah, ingin bekerja dll. Sholat istikharah sangat dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad saw jika kita menghadapi dilemma dalam mengambil keputusan. Dengan sholat istikharah, diharapkan keputusan yang kita ambil mendapat ridho dari Allah SWT.

Sholat istikarah dapat dilakukan setiap saat, tanpa ada batasan waktu. Sholat istikharah dikejakan sebanyak 2 rakaat, dengan cara seperti kita melakukan sholat-sholat yang lain. Namun pada sholat istikharah, setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama dianjurkan untuk membaca surat Al kaafiruun. Sedang pada rakaat kedua sholat istikharah, setelah membaca Al Fatihah dianjurkan untuk membaca surat Al Ikhlas.
Setelah selesai melakukan sholat istikharah, dilanjutkan dengan membaca sholawat kepada Rasulullah Muhammad saw.

niat :
(arab 1 baris)
*artinya - saya niat salat sunah istikharoh 2 rakaat karena allah taala.

I. salat sunah witir

Salat Witir adalah salat sunnat dengan raka'at ganjil yang dilakukan setelah melakukan salat lainnya di waktu malam (misal: tarawih dan tahajjud). Hal ini didasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW: "Sesungguhnya Allah adalah witr [ganjil] dan mencintai witr [HR. Abu Daud]. Salat ini dimaksudkan sebagai pemungkas waktu malam untuk "mengganjili" salat-salat yang genap. Karena itu, dianjurkan untuk menjadikannya akhir salat malam.Salat sunnah witir adalah sunnah muakkad.

niat salat witir 2 rakaat:
(arab 1 baris)
*saya niat salat sunah witir 2 rakaat (makmum/imam)karrena allah taala.

niat salat witir 1 rakaat:
(arab 1 baris)
*saya niat salat sunah witir 1 rakaat (makmum/imam) karena allah taala.


--- finish
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Pengertian salat sunnah munfarid
Ditulis Oleh Adjie Bagaskara
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

1 komentar:

  1. Pengertian Salat Sunnah Munfarid >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Salat Sunnah Munfarid >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Salat Sunnah Munfarid >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus